7 Aplikasi Berguna Buat Kamu Yang Ingin Men-Dlajah

December 8, 2015 Comments Off on 40 Menit Berteduh Di Coffee Shop bersama Lensa 40mm Equipment, Gadget, Uncategorized

40 Menit Berteduh Di Coffee Shop bersama Lensa 40mm

lensa 40mm pada kamera 60D

*lensa 40mm pada kamera 60D


Salah satu lensa murah yang dimiliki Canon adalah lensa 40mm f/2.8/STM. Dengan build quality yang cukup bagus dan apperture terbesar hingga f/2.8, membuat lensa ini menjadi tandingan legenda sebelumnya yaitu 50mm f/1.8. Selain itu, lensa 40mm f/2.8 ini juga dapat menjadi pertimbangan sebagai pengganti lensa close up legendaris yang sudah banyak digunakan fotografer yaitu 35mm f2.0.

Sepekan yang lalu, saya memiliki kesempatan untuk menggunakan lensa ini -meskipun pinjaman- dan kebetulan sekali pada saat yang sama, diundang untuk grand opening Yellow Truck Coffee di Jl. Garuda, Bandung.

 

 

 


Lensa ini ternyata dibuat untuk sistem kamera EOS-M dan lebih banyak digunakan untuk pengambilan video. Namun kali ini saya mencoba untuk melakukan pengambilan gambar dengan menyematkan kamera D-SLR Canon 60D.

Minim Pencahayaan

 

  • kombinasi gelap terang
  • jarak 20cm dengan objek
  • close up wide

 

Close UP

  • close up dengan latar gelap
  • spot metering
  • partial metering

Bokeh

  • latar gelap
  • handheld
  • latar terang

 

Secara keseluruhan, ukuran lensa yang begitu kecil membuat pemotretan dengan kecepatan rendah 1/25 hingga 1/60 terasa begitu sulit karena tangan kiri yang biasa menopang lensa kini hanya menggunakan jari.

Beberapa foto yang didapatkan mengalami penurunan ketajaman karena menggunakan handheld di kecepatan rendah. Pada semua pengambilan gambar tersebut saya tidak memproses lebih jauh pada aplikasi Photo Editing dan pengaturan ISO yang digunakan di seluruh foto adalah ISO 800.

Namun untuk Bokeh dan focal length yang dimiliki lensa ini sangatlah berguna untuk pengambilan foto-foto kreatif. Selain itu, dengan apperture terlebarnya (f/2.8) lensa ini masih memiliki ketajaman yang cukup mengesankan.

Saya simpulkan lensa ini dapat dipertimbangkan bagi fotografer sebagai pilihan alternatif prime-lens antara 50mm f/1.8 yang memiliki kisaran harga dibawah Rp. 1,5 juta atau lensa portrait 35mm f/2.0 IS USM yang berkisar di harga Rp.8 jutaan.

Comments are closed.