Berkemah di Double Camping Deck Dusun Bambu

Masih Haus Jelajahi Saguling Jawa Barat

October 23, 2015 Comments Off on Hujan Meteor 2015 Bisa Jadi Objek Photo Hunting Camping, Featured, News, Travel

Hujan Meteor 2015 Bisa Jadi Objek Photo Hunting

Bulan Oktober 2015, bumi melaju melewati jalur komet tersohor, Komet Halley. Kebetulan, menurut perhitungan para astronomer, langit di bulan ini terhitung bersih dengan gemintang bertabur. Debu-debu astronomi dari Komet Haley ternyata masuk ke lapisan atmosphere bumi sehingga menimbulkan jatuhan yang bersinar dan bercahaya indah, yaitu hujan meteor. Puncak dari hujan meteor ini dihitung berada pada tanggal 21 – 22 Oktober 2015 kemarin.

Perlu waktu sedikitnya 20 menit bagi mata kita untuk beradaptasi dalam kegelapan agar mampu membidik hujan meteor

Jangan khawatir, hujan meteor ini konon berlangsung berminggu-minggu, hingga 7 November 2015 nanti. Jadi, kita masih punya kesempatan, bila beruntung untuk melihat ‘bintang jatuh’ itu.

Hujan meteor ini disebut-sebut sebagai hujan meteor Orionids, karena berada pada area rasi bintang Orionid atau Pemanah (tak berkepala). Setelah bulan menghilang di saat pukul 1.00 dini hari hingga 3.00 dini hari, langit itu menjadi lebih jelas untuk mencerna jalur hujannya. Perlu 20 detik bagi mata kita untuk beradaptasi dalam kegelapan.

Tim Dlajah mempelajari beberapa sumber dan disebutkan bahwa hujan meteor sulit untuk diprediksi. Walau disebut puncaknya pada tanggal tertentu, itu pun belum menjamin visualisasi yang menjanjikan.

Semalam, kami melihat bulan merah dengan menyinari awan yang membentuk lembayung kemerahan. Setiap tahun hal ini terjadi pada penanggalan tahun komariah (berdasar pergerakan bulan), dimana hari ke-10 setelah Tahun Baru Islam selalunya ada bulan merah.

Malam berikutnya, kami masih akan memburu hujan meteor ini sambil berkemah di ketinggian. Mengapa di ketinggian? Disyaratkan bahwa hujan ini akan jelas bila kita ada di kegelapan sempurna, dengan meminimalisir polusi cahaya dan polusi udara yang menjadi tabir di lapisan langit kita. Pandangan bersih merupakan hal esensial untuk ‘photo hunting’ ini.

Orionids Rasi Bintang

Set kamera Anda di bukaan besar, biasanya di f/2.8 atau f/4 dengan ISO 200 atau di atasnya tergantung kebersihan langit di atas kita. Untuk menentukan ke mana arah kamera, gunakan aplikasi Sky Map for Android atau versi online.

Kalau menunggu Komet Halley, kita mesti hadir tahun 2061 nanti. Masih jauh. Jadi, keluarlah malam ini!

Selamat berburu!

Comments are closed.