Ngopi Santai di Yellow Truck Bandung

Berkemah di Double Camping Deck Dusun Bambu

October 22, 2015 Comments Off on Menengadah di Ranca Upas Saksikan Bintang Bersinar Camping, Destination, Featured, News, Stay

Menengadah di Ranca Upas Saksikan Bintang Bersinar

Sembilan puluh menit perjalanan dari Kota Bandung menuju selatan, melewati jalur perkampungan dan industri di tepian kota, maka kita akan berjumpa di sebuah camp site dengan ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Ranca Upas sudah sangat tersohor sebagai rumpun hutan tropis yang asri dan menawarkan berbagai kegiatan outdoor yang bisa dinikmati oleh mereka yang haus suasana luar ruang. Berbatasan dengan beberapa daya tarik wisata lainnya, Ranca Upas tak kalah menariknya. Berkemah di tengah lapang rumput yang membentang dikelilingi pohon-pohon heterogen hutan tropis dan gunung-gunung di dataran tinggi selatan Bandung, menjadi tak membosankan karena ada lagi yang bisa dilakukan seperti berendam di kolam air panas, menyaksikan gerombolan rusa yang menjemur diri di pagi hari, trekking ke hutan asli memburu fauna langka seperti owa jawa, lutung, dan tupai terbang yang ternyata masih bisa hidup di sini.

Pohon-pohon melengking tinggi punya nama lokal di sana, seperti: Jamuju, Hamiru, Huru, Kihujan, Kitambang, Kurai, Pasang, Puspa, dan juga semak belukar yang menumpuk indah dipandang lensa. Tak itu saja, strawberry bisa jadi daya tarik di pagi hari saat petani mencoba memilah buah yang sudah siap panen.

  • Malam Gemintang Ranca Upas
  • Camping di Ranca Upas
  • Kemah Mobil Ranca Upas
  • Ranca Upas Pantulan
  • Ray of Light Ranca Upas
  • Pagi Tiba di Ranca Upas
  • Kemah Pagi Ranca Upas
  • Little Savana Ranca Upas
  • Pohon Ranca Upas

Masih kurang? Silakan melipir ke Kawah Putih yang fenomenal dengan air danau alaminya yang berwarna toska. Anak-anak masih bisa dibuat senang dengan menyambangi theme park yang menjadi tetangga sebelah Ranca Upas.

Malam hari, sekitar pukul 22.00 di Ranca Upas, langit begitu bersih. Tak sama dengan langit di Bandung yang dipayungi awan dan asap kendaraan, langit di Ranca Upas seperti kita berada di Indonesia bagian timur. Bintang gemintang bersinar menampakkan rasi-rasi yang ada yang kita kenal. Dengan foreground dahan-dahan  pohon yang tinggi, langit hitam pun seperti kanvas hitam yang indah saat diabadikan dalam lensa dengan kecepatan rendah. Milky way banyak diabadikan di sini oleh para photographer luar ruang. Semakin malam berputar ke titik dini hari, bintang tak berhenti berkelip-kelip.

Sediakan kamera dengan lensa kecepatan tinggi, lalu kekang di tripod Anda dengan kuat. Tengadahkan ke arah langit, lensa Anda pun siap mengabadikan fenomena langit tak berujung.

Untuk memastikan gambar yang tertangkap bukan star trail atau garis-garis bintang yang meninggalkan jejaknya di kamera, gunakan rule of 500 atau 600. Silakan pelajari aturannya bagi para conventional photographer. Teknologi akan semakin maju di dunia photography dengan kekuatan ISO yang tinggi tanpa meninggalkan bercak-bercak grain atau titik-titik kecil dampak peningkatan ISO tinggi.

Semakin asyik bila kita simpan sesuatu sebagai point of interest di depan lensa kita. Contoh, tenda tempat kita merebahkan diri, atau kendaraan yang kita pakai ke Ranca Upas. Teknik-teknik pintar menjadi tantangan semalaman, dan kita menjadi lupa, bahwa malam cepat berakhir di sini.

Kedinginan memuncak biasanya terjadi di pukul 04.00 dini hari. Tak usah risau, karena warung-warung di Ranca Upas selalu buka. Betul, mereka siap sedia melayani tamu 24 jam. Mulai dari minuman instan panas hingga makanan hangat pun bisa disiapkan dalam sekejap. Harganya tentu ramah di dompet.

Comments are closed.