Ketika Adrenalin Mengalir Bersama Kayak di Arus Deras

Motor Besar pun Berhenti Untuk Dawet Hitam

August 6, 2015 Comments Off on 7 Perlengkapan Wajib Buat Piknik Camping, Featured, Out of Place, Travel

7 Perlengkapan Wajib Buat Piknik

Gesek kartu prabayar di arena wahana permainan anak udah mulai membosankan dan jalan di mall pun mulai bikin dompet lebih ringan. Terus, apa lagi yang bisa dijadiin kegiatan alternatif buat keluarga selain apa yang ditawarin kota kita? Minta sehari atau setidaknya setengah hari buat anak-anak juga istri atau suami untuk lepasin media sosialnya dan meluncur ke pinggiran kota. Kita piknik menghirup udara bersih di bawah pohon rindang yang masih bebas polusi.

Seudah nentuin tempat dan jarak yang ‘gak terlalu bikin energi jadi kopong, pastiin kita gak lupa sama 7 (tujuh) perlengkapan yang wajib digiring di ruang belakang mobil, atau bahkan ditempel ketat di belakang motor. Walau piknik kita bisa bertema urban atau pedesaan, juga bisa bernuansa perairan atau pegunungan, beberapa hal akan bener-bener kepake kemana pun kita pergi. Apa aja sih perlengkapan wajib ini?

1. Berteduh pake selimut lebar

Kita hidup di negara tropis. Kalau ‘gak panas banget, hari bisa berubah jadi penuh rintik-rintik hujan. Saat memutuskan berpiknik, pastikan hari masih sisakan panas hingga menjelang sore. Matahari itu baik, tapi terlalu banyak panasnya di kulit kita pun bisa berakibat fatal. Bawa selimut tipis lebar, lengkapi dengan tali raffia atau temali berbahan kain, dan sepasang tongkat minimal panjangnya 1 meter. Buat kemah sederhana di bawah pohon rindang untuk anak-anak berteduh.

Jangan sesekali bawa plastik lebar dan dijadiin tenda, layaknya tenda yang digunakan untuk berdagang di tepi jalan. Selain gak oke, udara di bawah tenda cenderung terperangkap dan gak seger, yang akibatnya bisa lebih panas.

2. Duduk pake karpet atau tikar

Lantai di alam terbuka biasanya sangat alami. Gak mungkin dong tiduran di atas tanah, karena jelas gak asyik dan terlihat gila. Bawalah tikar atau karpet yang lentur yang bisa dilipat hingga ukuran kecil dan mudah dibawa. Kapet atau tikar berbahan kain tebal sepertinya paling ideal.

Kalau masih punya ruang, bawa juga kursi lipat kecil buat Ayah dan Ibu sementara anak-anak bisa berasyik-asyik tidur di bawah tenda dengan nyaman dan aman.

3. Makan praktis: gaya anak kita

Apa yang anak suka banget saat makan? Wajib dijejalkan di kotak perlengkapan. Dunia piknik terkadang asing bagi anak, dan bagi mereka yang kurang terbiasa terlepas dari gadget, perlu ada pengalih perhatian. Setidaknya makanan yang mereka suka bisa jadi pengalih suasana yang jitu.

Jika makanan ayah dan ibu mesti terakomodir, silakan bawa kalau cukup ruang. Sebenernya, inti dari piknik ialah mencoba sesuatu yang tak biasa dilakukan di rumah atau menggiring yang biasa di rumah ke luar rumah. So, sesekali makan layaknya anak kita gak masalah kan?

Seru lagi kalau kita bisa bikin perapian dan membawa satu panggangan praktis. Sosis panggang bisa jadi penyatu keharmonisan keluarga. Selain anak-anak suka, ini pun melatih kesabaran dan skill survival mereka di alam luar.

sausage-428068_1280

4. Minum diseduh sendiri

Memang kalau mau gampang, ya beli aja di toko swalayan mini yang mudah dijumpai. Tapi akan sangat berbeda kalau minum dibuat langsung di bawah pohon dengan bahan yang dibawa dari rumah. Pastikan pitcher atau tumbler air ukuran keluarga atau jumbo ada di kotak perlengkapan.

Jeruk lemon, gula pasir atau sirup, dan es batu (kalau bisa dibawa) akan seru banget saat dibikin bareng-bareng. Potong jeruknya jadi dua, peras ke dalam pitcher jumbo dan masukkan saja belahan jeruk bekasnya, karena sebetulnya jeruk lemon punya rasa kesegaran luar biasa. Tambahkan sirup atau gula pasir lalu guyur dengan air minum dalam kemasan ukuran besar. Jadilah minuman seduhan sendiri yang segar dan sehat.

5. Tiduran bawa bantal kecil

Seudah lari ke sana-sini, kita sudah merasa sukses bikin anak-anak terlepas dari keterikatan sama gadget. Tapi biasanya mereka mau rehat dengan nyaman. Bantal kecil saat mereka bayi baiknya jangan dibuang. Saat piknik seperti ini, barang lama bisa berguna. Gunakan bantal bayi sebagai tempat berleha-leha dan tidur siang di bawah tenda.

6. Pembersih ringkas praktis

Kotor? Bersihin pake lap dong. Tissue bisa aja kita gunakan, tapi akan lebih baik bila kita tau kotoran apa yang akan terjadi dengan sedikit mengetahui lingkungan kita.

Saat di pantai, pasir akan menempel di kulit karena keringat dan rambut-rambut halus. Untuk menghilangkan pasir, gunakan bedak bayi, dan untuk tanah di daerah pedesaan atau pegunungan, bawa saja tissue basah. Praktis koq.

7. Plastik atau kardus buat sampah

Kotak perlengkapan sebaiknya disiapkan secara khusus. Tapi kalau memang tidak ada, gunakan saja kardus tempat mie instan atau sejenisnya. Intinya ialah terapkan langkah ramah lingkungan dengan re-use atau menggunakan kembali bahan yang ada. Kalau memang ada kardus bekas, bawa satu lagi untuk membuang sampah. Hindari menggunakan bahan plastik yang sukar dicerna oleh alam.

Comments are closed.